Tips mengatur waktu agar lebih efektif


A.Pendahuluan

Apakah Anda merasa seperti Anda tidak pernah punya cukup waktu dalam satu hari? Apakah Anda tertinggal dalam tugas pekerjaan dan tugas-tugas sampai Anda merasa cemas dan kewalahan? Jika demikian, Anda perlu belajar bagaimana mengatur waktu Anda lebih efektif. Orang-orang yang sukses baik dalam pekerjaan maupun di rumah mengelola waktu mereka dengan baik. Salah satu langkah pertama menuju sukses manajemen waktu adalah untuk mulai mengidentifikasi bagaimana Anda menghabiskan waktu Anda.

B.Belajarlah untuk Mengatur waktu lebih Effektif

Tanyakan pada diri Anda “Bagaimana saya menghabiskan waktu saya?”. Ikuti langkah-langkah untuk belajar mengatur waktu Anda lebih efektif :

  1. Menggunakan selembar kertas, dan buat daftar tugas Anda.
  2.  Memperkirakan berapa banyak waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan setiap tugas.
  3. Hilangkan tugas-tugas yang tidak perlu dari daftar Anda.
Apakah Anda melakukan tugas-tugas ini karena Anda suka atau karena Anda merasa Anda harus? Beritahu orang lain jika perlu, menjelaskan bahwa saat ini Anda terlalu kewalahan, butuh pertolongan. Jadi anda dapat membebaskan sejumlah besar waktu sehingga waktu yang anda miliki bertambah.
  1. Delegasikan beberapa tugas kepada orang lain.
Apakah ada tugas pasangan Anda, anak-anak, atau rekan kerja yang bisa mengerjakannya? Berilah tanda cek di sebelah tugas yang akan Anda delegasikan, atau menyampaikan langsung kepada orang lain. Tulis nama mereka di samping setiap tugas yang Anda delegasikan.
  1. Prioritaskan tugas-tugas Anda dengan penomoran mereka dalam urutan terpenting. Jika Anda mengalami kesulitan menentukan apa yang paling penting, tanyakan pada diri Anda, apa yang perlu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dasar saya? Apa yang diperlukan untuk menjadi sukses di tempat kerja? Apakah saya memiliki tenggat waktu? Jika demikian, menentukan prioritas menjadi lebih mudah.
 C. Membuat Sebuah Rencana Kerja

Setelah Anda membuat skala prioritas tugas-tugas Anda, buatlah rencana kerja untuk setiap tugas besar. Rencana kerja ini adalah daftar langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menyelesaikan tugas atau tujuan yang lebih besar.

Untuk membuat sebuah rencana kerja:

1.      Menentukan ukuran sukses untuk setiap tugas.
2.      Selanjutnya, daftar setiap langkah yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas.
3.      Menetapkan cara terbaik untuk menyelesaikan tugas. Pertimbangkan bereksperimen dengan metode yang berbeda dan meminta nasihat orang lain.
4.      Untuk menghemat waktu, cari cara untuk kerja multi-tugas, atau melakukan lebih dari satu hal sekaligus.
5.      Mengumpulkan orang-orang dan sumber daya yang Anda butuhkan untuk membuat rencana kerja Anda.

Setelah Anda membuat investasi yang signifikan tentang cara belajar untuk lebih mengatur waktu Anda. Lakukan yang terbaik untuk menindaklanjuti dengan rencana kerja Anda. Berbagi rencana dengan mentor atau supervisor Anda, revisi rencana jika perlu. Lihat ketika Anda merasa kewalahan. Dan, belajar untuk mengatakan tidak terhadap tugas-tugas baru.

Disiplin adalah kunci utamanya. Dengan disiplin pribadi yang tinggi kamu dapat menjauhi godaan yang mendorong kamu dalam kemalasan. Kalau kamu seorang pelajar muslim, cobalah aplikasikan ajaran shalat. Shalat menidik orang berdisiplin waktu, bersih, teratur, rapi, berkonsentrasi dll.

D. Berikut adalah cara membuat rencana belajar sehingga dapat memperoleh hasil yang baik.

1.Rencana_Harian

Sebelum kamu membuat sebuah rencana harian, kamu kudu harus wajib memperhatikan waktu dalan satu hari, mengetahui kegiatan-kegiatan apa yang bisa dilakukan dan kapan mengerjakannya. Serta berapa lama waktu yang dibutuhkan. Dari bangun pagi, shalat subuh, olahraga ringan, mandi, makan pagi, belajar, pergi ke sekolah, makan siang, shalat dhuhur, istirahat, shalat ashar, membaca surat kabar atau bacaan ringan, makan malam, belajar malam hari, mendengarkan radio atau menyaksikan TV, tidur, bangun malam, dst.

Berikutnya kamu tinggal susun rencana kegiatan harian beserta waktunya. Rencana itu harus dibuat sebaik mungkin sehingga tidak merasa terikat oleh rencana tersebut. Rencana itu harus diberikan waktu yang cukup, relative longgar sehingga kamu tidak merasa dikejar-kejar oleh rencana. Untuk pertama kalinya memang berat, tapi lama kelamaan terasa ringan apalagi kalau sudah menjai kebiasaan. All beginning is difficult.

2.Rencana_Mingguan

Untuk membuat rencana mingguan harus disesuaikan dengan rencana hariannya. Dalam rencana mingguan harus ditulis pekerjaan-pekerjaan yang mesti dikerjakan sekali seminggu. Misalnya Hari jum’at untuk mencuci atau menyetrika, Hari Minggu untuk jalan-jalan melihat pemandangan luas dan udara segar, Hari Selasa untuk mengaplikasikan hoby kamu atau mengembangkan bakat seperti olahraga, music, melukis,dll.Rencana ini harus ditepati.

3.Rencana_Bulanan

Rencana bulan yang dimaksud bukanlah rencana/ kegiatan yang kamu lakukan sekali sebulan, tetapi rencana belajar dalam satu bulan sebagai langkah pendahuluan untuk menghadapi ujian.

Untuk gampangnya, buatlah dulu skema seperti kalender. Kemudian sediakan tempat kosong dibawah angka tanggalnya untuk diisi satu mata pelajaran. Sedikit tips untuk mngisikan mata pelajarannya: susun/letakkan salah satu diantara pelajaran esok hari pada hari ini. Tapi, gunakan Hari Minggu untuk istirahat.

Kapan kita harus mengulangi pelajaran sesuai dengan rencana bulan tersebut??? Pagi, siang,sore,atau,malam???

Karena malam dan pagi hari digunakan untuk mempelajari pelajaran-pelajaran hari itu, maka lebih baik bila dilaksanakan sore hari sekitar pukul 16.00 sampai pukul 17.30. dianjurkan mandi dulu sebelum belajar sehingga badan terasa segar.

Komentar

Postingan Populer