Dampak positif dan negatif internet
Jenis tugas : laporan penelitian
Media / Sumber : Internet
Judul tugas : Jelaskan dan paparkan menurut hasil analisa / penelitian tentang dampak positif (+) dan negative (-) penggunaan internet pada kehidupan masyarakat dilihat dari aspek :
A.Sosial
B.Budaya
C.Politik
D.Ekonomi
E.Pendidikan
Dengan masing-masing contoh setiap aspek adalah 2 contoh kasus dengan masing-masing dampak positif dan negatifnya sebanyak-banyaknya (disertai gambar)
- Situs Jejaringan Sosial
Contoh : Facebook,friendster,plurk,hi5,twitter,multiply.
Kasus / Masalah :
1.Berkomunikasi secara terbuka,dan tidak ada batasan waktu dan ruang.
Dampak positif (+) :
- Sarana diskusi
- Tempat curhat
- Mempererat silaturahmi
- Kita bisa mencari teman seolah-olah tanpa dibatasi jarak dan waktu
Dampak negatif (-) :
- Kita akan cenderung keluar dari komunikasi di dunia nyata
- Memicu terjadinya pergaulan bebas tanpa batas
- Anti social (lama-lama fungsi social dapat tergantikan oleh digitalisasi .titik focus kita sudah teralihkan pada hal-hal yang semestinya bersifat minor)
- Boros uang/pemborosan
- Malas belajar {hanya memikirkan teman FB (misalnya) saja}
2.Kuis-kuis pada dunia internet / dunia maya (contohnya : kuis di FB)
Dampak positif (+) :
- Mengetahui potensi yang dimiliki oleh diri sendiri
- Media promosi
- Merangsang kekreatifan otak dalam menjawab kuis
Dampak negatif (-) :
- Kecanduan
- Boros duit
Fakta-fakta seputar situs jejaringan social :
- Ada seorang pria di London yang tega membunuh istrinya karena memasang status single pada FB-nya
- Di skotlandia polisi melakukan swepping,polisi akan menahan apabila di situs pertemanan terdapat foto yang menggunakan senjata api
- Seorang anak muda menyekap pacarnya di rumah ortu si cowok gara-gara pada hari valentine si cewekny dapat ucapan selamat dari temen-temen cowoknya di FB
- Ada anak muda yang putus gara-gara di FS pacarnya banyak testi dari temen-temen cowoknya
2.Situs Budaya
Kasus / Masalah :
1.Budaya pembajakan yang sudah merajalela pada masyarakat.
Dampak positif (+) :
- Banyak orang tahu tentang informasi / film baru yang diluncurkan
- Mempopulerkan perusahaan
Dampak negatif (-) :
- Merupakan Tindakan Kriminal
- Cracker merajalela
2.Budaya permainan dimana-mana.
Dampak positif (+) :
- Meningkatkan keterampilan motorik
- Sebagai bahan untuk Refreshing
Dampak negatif (-) :
- Adanya permainan perjudian yang merajalela
- Mengganggu konsenterasi belajar
3.Situs Politik
Kasus / masalah :
1.Kampanye di internet.
Dampak positif (+) :
- Menawarkan kesempatan bagi kandidat untuk menghabiskan lebih banyak waktu menyampaikan ide-ide mereka kepada pemilih
- Memberikan kesempatan pada kandidat untuk mempresentasikan informasi yang sulit dihadirkan pada media lain
- Pemilih dapat lebih mengenal para kandidatnya
- Sebagai sarana penyuluhan informasi bagaimana cara memilih
- Mengurangi tingkat golput karena pemilih mengenal kandidatnya
Dampak negatif (-) :
- Kampanye negatif
- Black campaigned yang tak terdeteksi oleh pihak yang berwajib
- Politisi dapat saja mengirim informasi tentang skandal-skandal lawan politiknya tanpa diketahui identitasnya dan tanpa perlu mempertanggungjawabkannya
2.Debat capres-cawapres dan Resensinya di internet.
Dampak positif (+) :
- Pemilih mengetahui kualitas para calon pemimpin-pemimpinnya / para kandidatnya
- Ide-ide cemerlang bermunculan
- Tujuan para kandidat semakin jelas
Dampak negatif (-) :
- Penipuan ide sang capres (oleh orang yang tidak bertaqnggung jawab)
4.Situs Ekonomi
Kasus / masalah :
1.Transaksi bank di internet
Dampak positif (+) :
- Praktis
- Memudahkan pengguna jasa
- Cepat
- Hemat waktu
Dampak negatif (-) :
- Carding,karena sifatnya Real time (langsung) , cara belanja menggunakan kartu kredit adalah cara yang paling banyak digunakan dalam dunia internet
- Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi online dan mencatat kode kartu yang digunakan
2.Penciptaan lowongan pekerjaan (iklan baris di internet).
Dampak positif (+) :
- Mendukung pelaku UMKM dengan memberi kredit usaha
- Mendukung kegiatan ekonomi dengan mendidik masyarakat
- engatasi krisis malaise / mengatasi kelesuan ekonomi (kata malaise berasal dari kata malas)
Dampak negatif (-) :
- Penciptaan lowongan disalah gunakan
- Penipuan lowongan pekerjaan
- Tindak pemalsuan yang merupakan tindak kriminal
- Pencurian ID (identitas) seseorang di internet karena pada umumnya syarat seseorang memasuki pekerjaan adalah mengirimkan CV (curriculum vitae) ke alamat tersebut dan dapat saja di curi sewaktu-waktu oleh pihak yang tidak bertanggung jawab
5.Situs Pendidikan
Contoh : wikipedia,ilmu.com,blogger,google,education.net,ilmu computer,situs pendidikan riau
Kasus / masalah :
1.Model pembelajaran kurang menarik dan sedikit kaku (karena banyak tulisan kecil).
Dampak positif (+) :
- Menghemat halaman web
Dampak negatif (-) :
- Membosankan
- Sulit dipahami
- Kurang peminat
2.Berbagai macam informasi terdapat dimana-mana
Dampak positif (+) :
- Pemberian sumber informasi bermanfaat yang dapat membantu mengembangkan dirinya
- Sumber referensi materi pelajaran
- Memanfaatkan blog yang dikelola oleh pengajar
- E-learning
- Learning Management System (LMS)
- Pengembangan intelektual pad adiri seseorang
- Menambah wawasan dari manapun
Dampak negatif (-) :
- Rusaknya moral karena situs-situs yang kurang berguna dan kurang bermanfaat
- Mengkonsumsi game yang menonjolkan unsur-unsur seperti kekerasan dan agresivitas
Komentar
Posting Komentar