Dampak positif dan negatif internet

Jenis tugas        : laporan penelitian
Media / Sumber : Internet
Judul tugas : Jelaskan dan paparkan menurut hasil analisa / penelitian tentang dampak positif (+) dan negative (-) penggunaan internet pada kehidupan masyarakat dilihat dari aspek :
A.Sosial
B.Budaya
C.Politik
D.Ekonomi
E.Pendidikan
Dengan masing-masing contoh setiap aspek adalah 2 contoh kasus dengan masing-masing dampak positif dan negatifnya sebanyak-banyaknya (disertai gambar)

  1. Situs Jejaringan Sosial


Contoh : Facebook,friendster,plurk,hi5,twitter,multiply.

Kasus / Masalah :
1.Berkomunikasi secara terbuka,dan tidak ada batasan waktu dan ruang.
Dampak positif (+) :
  1. Sarana diskusi
  2. Tempat curhat
  3. Mempererat silaturahmi
  4. Kita bisa mencari teman seolah-olah tanpa dibatasi jarak dan waktu

Dampak negatif (-) :
  1. Kita akan cenderung keluar dari komunikasi di dunia nyata
  2. Memicu terjadinya pergaulan bebas tanpa batas
  3. Anti social (lama-lama fungsi social dapat tergantikan oleh digitalisasi .titik focus kita sudah teralihkan pada hal-hal yang semestinya bersifat minor)
  4. Boros uang/pemborosan
  5. Malas belajar {hanya memikirkan teman FB (misalnya) saja}
2.Kuis-kuis pada dunia internet / dunia maya (contohnya : kuis di FB)
Dampak positif (+) :
  1. Mengetahui potensi yang dimiliki oleh diri sendiri
  2. Media promosi
  3. Merangsang kekreatifan otak dalam menjawab kuis
Dampak negatif (-) :
  1. Kecanduan
  2. Boros duit

Fakta-fakta seputar situs jejaringan social :
  1. Ada seorang pria di London yang tega membunuh istrinya karena memasang status single pada FB-nya
  2. Di skotlandia polisi melakukan swepping,polisi akan menahan apabila di situs pertemanan terdapat foto yang menggunakan senjata api
  3. Seorang anak muda menyekap pacarnya di rumah ortu si cowok gara-gara pada hari valentine si cewekny dapat ucapan selamat dari temen-temen cowoknya di FB
  4. Ada anak muda yang putus gara-gara di FS pacarnya banyak testi dari temen-temen cowoknya

   2.Situs Budaya


Kasus / Masalah :
1.Budaya pembajakan yang sudah merajalela pada masyarakat.
Dampak positif (+) :
  1. Banyak orang tahu tentang informasi / film baru yang diluncurkan
  2. Mempopulerkan perusahaan
Dampak negatif (-) :
  1. Merupakan Tindakan Kriminal
  2. Cracker merajalela

2.Budaya permainan dimana-mana.
Dampak positif (+) :
  1. Meningkatkan keterampilan motorik
  2. Sebagai bahan untuk Refreshing
Dampak negatif (-) :
  1. Adanya permainan perjudian yang merajalela
  2. Mengganggu konsenterasi belajar

3.Situs Politik






Kasus / masalah :
1.Kampanye di internet.
Dampak positif (+) :
  1. Menawarkan kesempatan bagi kandidat untuk menghabiskan lebih banyak waktu menyampaikan ide-ide mereka kepada pemilih
  2. Memberikan kesempatan pada kandidat untuk mempresentasikan informasi yang sulit dihadirkan pada media lain

  1. Pemilih dapat lebih mengenal para kandidatnya
  2. Sebagai sarana penyuluhan informasi bagaimana cara memilih
  3. Mengurangi tingkat golput karena pemilih mengenal kandidatnya
Dampak negatif (-) :
  1. Kampanye negatif
  2. Black campaigned yang tak terdeteksi oleh pihak yang berwajib
  3. Politisi dapat saja mengirim informasi tentang skandal-skandal lawan politiknya tanpa diketahui identitasnya dan tanpa perlu mempertanggungjawabkannya
2.Debat capres-cawapres dan Resensinya di internet.
Dampak positif (+) :
  1. Pemilih mengetahui kualitas para calon pemimpin-pemimpinnya / para kandidatnya

  1. Ide-ide cemerlang bermunculan
  2. Tujuan para kandidat semakin jelas
Dampak negatif (-) :
  1. Penipuan ide sang capres (oleh orang yang tidak bertaqnggung jawab)


4.Situs Ekonomi

Kasus / masalah :
1.Transaksi bank di internet

Dampak positif (+) :
  1. Praktis
  2. Memudahkan pengguna jasa
  3. Cepat
  4. Hemat waktu
Dampak negatif (-) :
  1. Carding,karena sifatnya Real time (langsung) , cara belanja menggunakan kartu kredit adalah cara yang paling banyak digunakan dalam dunia internet
  2. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi online  dan mencatat kode kartu yang digunakan
2.Penciptaan lowongan pekerjaan (iklan baris di internet).

Dampak positif (+) :
  1. Mendukung pelaku UMKM dengan memberi kredit usaha
  2. Mendukung kegiatan ekonomi dengan mendidik masyarakat
  3. engatasi krisis malaise / mengatasi kelesuan ekonomi (kata malaise berasal dari kata malas)
Dampak negatif (-) :
  1. Penciptaan lowongan disalah gunakan
  2. Penipuan lowongan pekerjaan
  3. Tindak pemalsuan yang merupakan tindak kriminal
  4. Pencurian ID (identitas) seseorang di internet karena pada umumnya syarat seseorang memasuki pekerjaan adalah mengirimkan CV (curriculum vitae) ke alamat tersebut dan dapat saja di curi sewaktu-waktu oleh pihak yang tidak bertanggung jawab

5.Situs Pendidikan


Contoh : wikipedia,ilmu.com,blogger,google,education.net,ilmu computer,situs pendidikan riau


Kasus / masalah :
1.Model pembelajaran kurang menarik dan sedikit kaku (karena banyak tulisan kecil).
Dampak positif (+) :
  1. Menghemat halaman web
Dampak negatif (-) :
  1. Membosankan
  2. Sulit dipahami
  3. Kurang peminat
2.Berbagai macam informasi terdapat dimana-mana
Dampak positif (+) :
  1. Pemberian sumber informasi bermanfaat yang dapat membantu mengembangkan dirinya
  2. Sumber referensi materi pelajaran
  3. Memanfaatkan blog yang dikelola oleh pengajar
  4. E-learning
  5. Learning Management System (LMS)
  6. Pengembangan intelektual pad adiri seseorang
  7. Menambah wawasan dari manapun
Dampak negatif (-) :
  1. Rusaknya moral karena situs-situs yang kurang berguna dan kurang bermanfaat
  2. Mengkonsumsi game yang menonjolkan unsur-unsur seperti kekerasan dan agresivitas

Komentar

Postingan Populer